Judul Buku : PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Peresensi : Mar’atus Soleha
Penulis : Usatun hasanah, M.Pd.I., dkk.
Penerbitan : PT. Grafindo Persada
Tahun Terbit : 2019
Cetakan : 2
ISBN : 978-602-425-650-0
Tebal buku : 140 Halaman
Harga Buku : Rp 85.000
Buku psikologi pendidikan
ini merupakan pengembangan dari sejumlah bahan ajar ang selalama ini digunakan
dalam perkuliahan dengan judul mata kuliah yang sama. Motif yang mendorong
penulis untk menyusun buku ini, karena masih terbatasnya buku yang dapat di jadikan
refrensi oleh mahasiswa S1 pendidikan islam Anak Usia Dini (PIAUD) khususnya
dan masyarakat umum.
Pada
buku psikologi pendidikan kali ini terdapat 8 BAB pembahasan. Bab pertama
membahas tentang psikologi pendidikan yang mencangkup pengertian psikologi,
pengertian pendidikan dan pengertian psikologi pendidikan. Selain itu pada bab
ini juga membahas ruang lingkup dan manfaat mempelajari psikologi pendidikan.
Bab
kedua, membahas teori – teori belajar yang didalamnya menjelaskan tentang teori
belajar dan tingkah laku seperti ; E.L Thordike ( hukum pengaruh / the law of
effect), ivan pavlo ( pembiasan klasik/ claassical conditioning), JB Watson
(Respon/ conditioning Reflect), B.F Skinner (pembiasaan perilaku resons/
operant conditioning). Selain itu buku ini juga membahas tentang toei kognitif
dan humanistik.
Bab
selanjutnya, menjelaskan tentang belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya.
Ada beberapa sub pembahasan juga mengenai pengertian belajar, bagaimana proses
belajar itu berlangsung?, faktor-faktor yang memengaruhi belajar, faktor-faktor
yang memengaruhi proses dan hasil belajar, tranfer dan lupa dalam belajar,
serta cara-cara belajar yang baik.
Selajutnya
bab empat, membahas tentang definisi mengajar, prinsip-prinsip mengajar, dan
membentuk lingkungan kelas yang produktif. Bab kelima membahas tentang
pertumbuhan dan perkembangan yang juga memncangkup faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan siswa, periode pertumbuhan dan
perkembangan, serta tahap perkembangan kepribadian manusia. Pada bab enam,
menjelaskan potensi-potensi siswa, yaitu tentang bakat, inteligensi, serta
multiple intelegencs pada siswa.
Dalam
buku ini juga ada bab yang membahas bentuk-bentuk gejala jiwa dalam pendidikan.
Mengenaik sensai dan persepsi, memori, berfikif, emosi, setra membahas tentang
motivasi. Pada bab terakhir yaitu bab 8 terdapat penjelasan tentang gurunya
manusia, yang mencangkup definisi guru, definisi guru dahulu dan sekarang,
definisi guru masa mendatang, tipe-tipe guru, serta kompetensi guru.
Seperti
yang di katakan sebelumnya buku psikologi pendidikan ini sangat membantu
mahasiswa sebagai refrensi dalam belajar. Dan berguna bagi masyarakat agar
lebih mengetahui bagai mana psikolohi pendidikan tersebut. Buku ini juga di
lengkapi dengan footnote, serta gambar yang membantu pemahaman. Selain itu
terdapat juga biodata penulis.
Demikian
resensi buku psikologi pendidikan kali ini. Semoga membantu.
Terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar