Minggu, 07 April 2019

RESENSI BUKU PSIKOLOGI BELAJAR



Judul buku      : PSIKOLOGI BELAJAR
Peresensi         : Mar’atus Soleha
Penulis            : Muhibbin Syah
Penerbitan       : Rajawali Pers
Tahun Terbit   : 2012
Edisi                : revisi
Cetakan           : 12
ISBN               : 979-421-933-9
Tebal buku      :  256 Halaman
Harga Buku     : Rp 58.000,-
               
                Pada bab I, penulis menjelaskan intisari buku serta pendekatan psikologisnya, yaitu psikologis kognitif. Kemudia, dilanjutkan dengan pemberian strategi untuk mempelajari buku ini, dan mengantar pembaca secara sistematis dan praktis ke dalam inti buku ini.
            Pada bab II, penulis mengutarakan tentang perkembangan psiko-fisik sisa yang meliputi perkembangan fisik-motorik, kognitif, dan perkembangan sosial dan moral. Dikemukaan pula pentingnya perkembangan kognitif bagi proses belajar sisa, dengan pertimbangan bahwa keberhasilan pengembangan ranah kognitif akan berdampak positif terhadap perkembangan kecakapan afektif dan psikomotor. Penulis mengutip surat Al-Furqan dan surat Al-Baqarah untuk mengingatkan agar perkembangan kognitif tidak disalah gunakan, tetapi dapat berfungsi positif dan bertanggung jawab.
            Pada bab III, tentang konsep belajar dimulai dengan bahasan mengenai arti dan pentingnya belajar bagi perkembangan dan kehidupan manusia, ditambah dengan tinjauan dari persepektif keagamaan.
Pada bab IV, tentang karakteristik, manifestasi dan ragam belajar, diketengahkan delapan ragam belajar dengan penjelasan bahwa keanekaragaman jenis belajar ini muncul sejalan dengan kebutuhan kehidupan manusia yang juga bermacam-macam.
            Pada bab V ialah ulasan tentang efesiensi belajar ditinjau dari sudut usaha dan dari sudut hasil. Dalam bab ini juga dibahas tentang faktor inteligensi dan eksternal yang mempenagruhi belajar. Di samping faktor inteligensi sebagai salah satu faktor internal, seyoggianya dikemukakan pula peranan keccerdasan emosi dan kecerdasan moral sebagaimana yang akhir-akhir ini banyak di tekankan.
Pada bab VI, dibahas topik-topik yang amat penting dalam psikologi belajar, ialah mengenai transfer belajar dan bagaimana terjadinya, apa yang menyebabkan seseorang lupa dan bagaimana menguranginya, serta masalah kejenuhan belajar, penyebab, dan cara mengatasinya.
            Pada bab VII, menyangkut evaluasi dan prestasi belajar, termasuk ealuasi prestasi afektif dan psikomotor. Indikator dan evaluasi ranah kognitif menggunakan taksonomi bloom, sedang indikator dan cara evaluasi afektif berlandaskan taksonomi krathohl. Dijelaskan dalam bab ini tujuan, fungsi, ragam, dan alat evaluasi.
            Secara keseluruhan, buku Muhibbin Syah Psikologi Belajar bermanfaat bagi semua tenaga pendidikan dan psikologi pendidikan, termasuk calon guru atau dosen. Kelebihannya antara lain ialah behwa model-model belajar dan bagan-bagan ditampilkan secara sistematis, sehingga memudahkan pemahaman dan pembelajarannya. Yang menarik dalam buku ini ialah upaya menggunakan pendekatan islami dalam membahas topik-topik psikologi belajar. Keefektifan mempelajari buku Psikologi Belajar ini akan makin meningkat jika pembaca melengkapi dengan bacaan lain yang revelan.
            Demikian resensi buku Muhibbin Syah Psikologi Belajar, semoga membantu.
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TIK DALAM PEMBELAJARAN

  TIK DALAM PEMBELAJARAN Seperti yang kita ketahui, kehidupan manusia sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknolog...