Judul buku :
PSIKOLOGI BELAJAR
Peresensi :
Mar’atus Soleha
Penulis :
Muhibbin Syah
Tahun Terbit :
2012
Edisi :
revisi
Cetakan :
12
ISBN :
979-421-933-9
Tebal buku :
256 Halaman
Harga Buku :
Rp 58.000,-
Pada bab I, penulis
menjelaskan intisari buku serta pendekatan psikologisnya, yaitu psikologis
kognitif. Kemudia, dilanjutkan dengan pemberian strategi untuk mempelajari buku
ini, dan mengantar pembaca secara sistematis dan praktis ke dalam inti buku
ini.
Pada bab II, penulis mengutarakan
tentang perkembangan psiko-fisik sisa yang meliputi perkembangan fisik-motorik,
kognitif, dan perkembangan sosial dan moral. Dikemukaan pula pentingnya
perkembangan kognitif bagi proses belajar sisa, dengan pertimbangan bahwa keberhasilan
pengembangan ranah kognitif akan berdampak positif terhadap perkembangan
kecakapan afektif dan psikomotor. Penulis mengutip surat Al-Furqan dan surat
Al-Baqarah untuk mengingatkan agar perkembangan kognitif tidak disalah gunakan,
tetapi dapat berfungsi positif dan bertanggung jawab.
Pada bab III, tentang konsep belajar
dimulai dengan bahasan mengenai arti dan pentingnya belajar bagi perkembangan
dan kehidupan manusia, ditambah dengan tinjauan dari persepektif keagamaan.
Pada
bab IV, tentang karakteristik, manifestasi dan ragam belajar, diketengahkan
delapan ragam belajar dengan penjelasan bahwa keanekaragaman jenis belajar ini
muncul sejalan dengan kebutuhan kehidupan manusia yang juga bermacam-macam.
Pada bab V ialah ulasan tentang
efesiensi belajar ditinjau dari sudut usaha dan dari sudut hasil. Dalam bab ini
juga dibahas tentang faktor inteligensi dan eksternal yang mempenagruhi
belajar. Di samping faktor inteligensi sebagai salah satu faktor internal,
seyoggianya dikemukakan pula peranan keccerdasan emosi dan kecerdasan moral
sebagaimana yang akhir-akhir ini banyak di tekankan.
Pada
bab VI, dibahas topik-topik yang amat penting dalam psikologi belajar, ialah
mengenai transfer belajar dan bagaimana terjadinya, apa yang menyebabkan
seseorang lupa dan bagaimana menguranginya, serta masalah kejenuhan belajar,
penyebab, dan cara mengatasinya.
Pada bab VII, menyangkut evaluasi
dan prestasi belajar, termasuk ealuasi prestasi afektif dan psikomotor.
Indikator dan evaluasi ranah kognitif menggunakan taksonomi bloom, sedang
indikator dan cara evaluasi afektif berlandaskan taksonomi krathohl. Dijelaskan
dalam bab ini tujuan, fungsi, ragam, dan alat evaluasi.
Secara keseluruhan, buku Muhibbin
Syah Psikologi Belajar bermanfaat
bagi semua tenaga pendidikan dan psikologi pendidikan, termasuk calon guru atau
dosen. Kelebihannya antara lain ialah behwa model-model belajar dan bagan-bagan
ditampilkan secara sistematis, sehingga memudahkan pemahaman dan
pembelajarannya. Yang menarik dalam buku ini ialah upaya menggunakan pendekatan
islami dalam membahas topik-topik psikologi belajar. Keefektifan mempelajari
buku Psikologi Belajar ini akan makin meningkat jika pembaca melengkapi dengan
bacaan lain yang revelan.
Demikian resensi buku Muhibbin Syah Psikologi Belajar, semoga membantu.
Terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar