Judul Buku : PSIKOLGI BELAJAR
Peresensi: Mar’atus Soleha
Penulis : Drs. H. Abu Ahmadi dan Drs. Widodo Supriyono
Penerbitan : PT. Rineka Cipta
Tahun Terbit : 2013
Cetakan : 3
ISBN : 978-979-518-046-3
Tebal buku :244 Halaman
Pada dasarnya orang mempelajari ilmu jiwa
untuk menjadikan manusia supaya hidupnya baik, bahagia dan sempurna, karena
ilmu jiwa sekarang telah memasuki berbagai bidang. Banyak persoalan yang dapat
dibantu penyelesaiannya dengan ilmu jiwa. Misalnya persoalan siswa dalam kegiatan
belajar di sekolah.
Aktivitas
belajar bagi setiap individu, tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar.
Dapat terjadi dengan lancar, kadang-kadang tidak lancar, dan dapat juga terasa
amat sulit. Dalam hal semangat, adakalanya semangat tinggi, tetapi adakalanya
juga sulit untuk mengadakan konsentrasi.
Dalam keadaan anak didik/siswwa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya.
Itulah yang disebut kesulitan belajar.
Untuk
mengatasi kesulitan belajar pada siswa terlebih dahulu kita harus mengetahui
faktor penyebabnya sebelum kita menentukan solusinya. Salah satu faktor
penyebabnya itu dapat kita ketehui dari segi psikologi siswa, oleh sebab itu
perlulah kiranya kita mempelajari psikologi belajar siswa untuk memahami jiwa
anak didik termasuk anak-anak luar biasa.
Dalam
buku psikolgi belajar ini pembahasan terdapat dalam duabelas bab mengenai
psikologi belajar. Yang diawali dengan bab pengetahuan dasat tentang psikologi
seperti, pengertian psikologi secara umum, pembagian psikologi, objek
pembahasan psikologi, hubungan psikologi dengan ilmu-ilmu lain, dan tujuan
mempelajari psikologi.
Pada
bab selanjutnya, menuju pembahasan psikologi umum. Lalu dilanjutkan dengan
pembahasan tentang psikologi anak, psikologi anak luar biasa, setelah
pengenalan tentang psikologi, buku ini juga membahas mengenai masalah kesulitan
belajar hingga bimbingan belajar. Buku ini memaparkan tentang pengajaran
remedial dalam proses belajar, dasar pengajaran perbaikan, pendekatan dan
metode dalam pengajaran remeddial, serta evaluasi dalam psikologi belajar. CBSA
(Cara Belajar Siswa Aktif) dan pemikiran ke arah aplikasi psikologi belajar
juga dibahas dalam buku ini.
Buku
psikologi belajar ini memiliki susunan pembahasan yang baik, sehingga
memudahkan emahaman bagi pembacanya.
Demikian
resensi buku psikologi belajar karya Drs. Abu Ahmadi dan Drs. Widodo Supriyono,
semoga membantu.
Terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar