Peresensi :
Mar’atus Soleha
Penulis :
Prof. Dr. Hasan Langgulung
Penerbitan :
PT. Pustaka Al-Husna Baru
Tahun Terbit :
2004
Edisi :
Revisi
Cetakan :
lima
ISBN :
979-3311-5-8
Tebal Buku : 366 Halaman
Kandungan dari buku Manusia &
pendidikan tersusun didalam 15 bab yang telah di reisi oleh penulis dari
terbitan terdahulu. Penulis memaparkan perihal psikologi, filsafat, dan
pendidikan; yaitu, bagaimana konsepsi manusia mencapai pendidikan secara terperinci
dan disorotinya dari segi falsafah yang dijadikan landasan bagi pembentukan
orde dunia falsafah dan pendidikan demi kebahagiaan umat manusia.
Untuk penjelasan lebih lanjut saya
akan memaparkan poin-poin dalam tiap bagian dari buku ini. Pada bagian satu
(bab I- VI), membahas tentang falsafah pendidikan islam, lalu dari falsafah ke
teori pendidikan dalam sudut pandang islam, tujuan pendidikan dalam islam,
peranan agama dalam pembentukan masyarakat yang bertata-tertib pandangan islam,
falsafah Ibna Sina yaitu implikasi dalam pendidikan, dan konsep ilmu menurut
Al-Ghazali.
Untuk bagian dua (bab VII-IX),
membahas tentang kurikulum seperati masalah pengislaman berbagai mata
pelajaran, bentuk dan falsafah kurikulum sekolah dasar, serta kreativitas dan
kurikulum pendidikan guru. Selanjutnya bagian tiga (bab X-XV), membahas tentang
masalah psiko-sosial yang mencangkup pembahasan tentang pendidikan islam
menghadapi abad ke 15 hijriyah, persepektif baru dalam perkembangan psikologi
modern, pembinaan keluarga bahagia sebagai asas bagi masyyarakat yang baik dari
segi pendangan islam, pendidikan islam di rumah, masyarakat bermotivasi dan
berdisiplin, serta pendidikan keluarga dan pembentukan budaya ilmu dalam
pandangan islam.
Menurut saya, buku ini dapat menjadi
penambah wawasan bagi setiap kalangan,
baik itu mahasiswa, guru, orangtua, dan masyarakat. Namun, cukup tebal untuk
dibawa-bawa.
Demikian resensi buku Manusia &
Pendidikan yang dapat saya paparkan. Semoga membantu. Terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar