Jumat, 08 Februari 2019

RESENSI BUKU PSIKOLOGI KAK SETO



RESENSI BUKU

Judul buku: PSIKOLOGI PENDIDIKAN Dengan Pendekatan Teori-teori baru dalam Psikologi.
Peresensi: Mar’atus soleha
Penulis: Dr. Seto Mulyadi, M.Psi., Prof. Dr.A.M. Heru Basuki, M.Si., Dr. Wahyu Rahardjo, M.Si.
Penerbitan: Rajawali Pers
Tahun Terbit: 2016
Cetakan: 1
ISBN: 978-6022-425-035-5
Tebal Buku: 326 halaman
Harga Buku: Rp 88.000

Buku psikologi pendidikan: dengan pendekatan teori-teori baru dalam psikologi ini lebih terfokus pada pembahasan tugas guru atau dosen, baik sebagai pengajar maupun sebagai pendidik. Ada sepuluh bagian pembahsan dalam buku ini, dan memiliki perbedaan dalam setiap sub bahasannya.
Pada bagian pertama buku ini membahas tentang penegertian pendidikan dan psikologi pendidikan. Pendidikan sebagai ilmu pengetahuan ilmiah mengalami perkembangan terus menerus. Definisi pendidikan juga mengalami perkembangan demikian juga definisi psikologi. Dalam buku ini di jelaskan bahwa psikologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan ilmiah yang mempelajari perilaku penyandaran sehingga terjadi interaksi berbagai faktor yang terkait peserta didik dengan potensinya serta alam lingkungan dengan kemungkinan-kemungkinannya. Ada beberapa tujuan dan maanfaat psikologi pendidikan yang dibahas pada bagian ini, serta pembahsan instansi pendidikan sesuai dengan UU No.20 tahun 2003.
Pada bagian dua buku ini membahas tentang teori belajar, belajar yang bermakna dan pembelajaran dengan pendekatan proses. Dalam buku ini di jelaskan baha belajar merupakan proses dari mempelajari sesuatu yang akan mendapatkan hasil dari belajar. Di samping sebagai proses, belajar juga sebagai sistem dimana bahan yang di pelajari sebagai raw input dan hasil belajar sebagai output.
Pembahasan selanjutnya pada bagian tiga adalah sekolah rumah (homeschooling) dan homeschooling Kak Seto, yang memeliki beberapa sub bahasan seperti sejarah dan perkembangan homescholing, proses dan kurikulum pembelajaran dalam homeschooling, dan homescholing Kak Seto. Dalam uraian homeschooling Kak Seto dijelaskan latar belakangnya, sistem pembelajarannya yang disebut sistem tutorial yag pada hakikatnya merupakan pembelajaran yang menerapkan kedua macam pembelajaran yaitu pembelajaran tranformasional, pembelajaran dengan pendekatan proses secara terintegrasi, sistem evaluasinya dan beberapa contoh prestasi yang dicapai oleh lulusannya.
Pada bagian empat diuraikan mengenai perbadaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan dan internalisasi ilmu pengetahuan. Yang dimaksud internalisasi dalam buku ini adalah menyatukan atau menginegrasikan sesuatu konsep atau pandangan atau nilai ke dalam psyche atau kepribadian individu sehingga mengubah sikap, pola pikir dan perilakunya sesuai prinsip-prinsi yang terkandung dalam konsep, pandangan atau nilai yang diinternalisasikan.
Kemudian dalam bagian lima di jelaskan mengenai internalisasi nilai-nilai (values), pendidikan karakter, dan revolusi mental. Bagian ke lima ini membahas pendidikan karakter merupakan upaya terprogram untuk menolong manusia agar mengerti, perduli, dan bertindak berdasarkan internalisasi nilai dengan melakukan revolusi mental pada seluruh lapisan masyarakat.
Bagian selanjutnya membahas tentang pola asuh orangtua, pola interaksi perilaku keluarga model sirkumpleks, tipe pola keluarga model sirkumpleks, serta peran interaksi orangtua dan anak terhadap prestasi akademik anak.
Dalam bagian tujuh akan dikupas tentang perbedaan inteligensi dengan kognisi. Naik inteligensi maupun kognisi keduanya adalah kemampuan berfikir. Disebut inteligensi karena penjelasana menggunakan pendekatan pengukuran atau psikometri. Sedang disebut kognisi karena penjelasannya menggunakan pendekatan pemrosesan informasi. Sementara metakognis berhubungan dengan kognisi. Secara etimologis metakognisi merupakan sesuatu yang lebih tinggi atau di atas kognisi.
Bagian delapan dalam buku ini dibahas juga tentang belajar dan kemandirian belajar (self regulated learing). Pembahasan ini bertujuan agar guru dan dosen benar-benar memahami proses asimilasi, akomodasi, dan ekuilibrasi. Di samping belajar dan proses belajar juga di uraikan tentang hubungan oetakognisi dengan self regulated learing, pengaturan diri dalam belajar, aspek-aspek self regulated learing, self regulated dan capaian prestasi akademis, serta peran budaya dalam pengembangan keterampilan metakognisi.
Selanjutnya bagian sembilan membahas tentang kreativitas, keberkakatan dan layanan pendidikan anak berbakat. Pada sub bab kreativitas akan diuraikan tentang pendekatan dan pengertian kreativitas. Sub bab tetnatng keberbakatan dan layanan pendidikan anak berbakat akan diuraikan pengertian keberbakatan dari beberapa ahli, perbedaan pengertian gifted dan talented serta layanan pendidikan anak berbakat.
Pada bagian terakhir buku ini yakni bagian sepuluh menjelaskan tentang kurikulum berbasis kompetensi dan perbedaan Teacher Centered Laerning (TCL) dengan Student Centerd Learning (SCL). Pada bagian ini dijelaskan terlebih dahulu pembahasan tentang kurikulum berbasis kompetensi lebih terkait dengan kurikulum yang diberlakukan di perguruan tinggi. Juga akan diuraikan tentang perbedaan Teacher Centered Laerning (TCL) dengan Student Centerd Learning (SCL).
Buku Psikologi Pendidikan ini merupakan buku yang cukup baik dan membantu bagi para pengajar maupun pendidik, karena buku ini lebih berfokus pada pembahsan tugas guru atau pun dosen. Selain itu buku ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingankan dengan buku-buku bertema sama. Dari tata letaknya padat kita cermati baha buku ini disusun dengan cermat karena dipenuhi oleh ilustrasi yang mendukung penjelasan penulisnya. Untuk ejaan yang digunakan pun benar dan sesuai dengan kaidah ejaan yang telah disempurnakan. Tetapi buku ini masih banyak entri psikologi pendidikan yang belum terangkat. Dan juga dalam gaya bahasa cukup sulit untuk dipahami, membuat pembaca menjadi bosan dan monton sehingga  kurang cocok bagi pemula yang ingin berlajar psikologi pendidikan.
Menurut saya buku ini sangat bagus dan penting bagi pada pengajar maupun pendidik. Oleh karena itu saya menyarankan agar para pengajar ataupun pendidik dapan membaca buku ini sebagai arahan dalam mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TIK DALAM PEMBELAJARAN

  TIK DALAM PEMBELAJARAN Seperti yang kita ketahui, kehidupan manusia sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknolog...