Peresensi : Mar’atus Soleha
Penulis : Sardiman A.M.
Penerbitan : Pt. RajaGrafindo Persada
Tahun Terbit : 2012
Cetaka : 21
ISBN : 979-421-051-X
Tebal Buku : 236 Halaman
Harga Buku : Rp 46.000,-
Buku
Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar yang di tulis oleh Sadirman A.M.
memiliki 8 BAB. Pada bab 1, merupakan pendahuluan. Pada bab kedua, membahas
tentang pemahaman awal melalui interaksi edukatif yang memiliki sub bahasan
seperti; makna dan ciri interaksi edukatif dan interaksi edukatif sebagai
proses belajar mengajar.
Pada
bab ketiga, kita akan menemukan pembahasan tentang konsep belajar mengajar yang
melingkupi makna belajar, tujuan belajar, beberapa teori tentang belajar,
faktor-faktor psikologis dalam belajar, penegertian mengajar, serta pembahasan
tentang anatara mengajar dan mendidik.
Setalah
kita membahas tentang konsep belajar mengajar, pada bab selanjutnya kita akan
diberikan penjelasan tentang tujuan pendidikan dan pengajaran sebagai dasar motivasi.
Pada bab ini terdapat sub bahasan seperti arti tujuan, tujuan akhir dan tujuan
intermedier sebagai dasar motiasi, dan tujuan pengajaran.
Bab kelima diberikan pegetahuan
tentang pengertian motivasi, kebutuhan
dan teori tentang motiasi, fungsi motiasi dalam belaajr, macam-macam motivasi,
bentuk-bentuk motivasi di sekolah, perlunya aktivitas dalam belajar,
prinsip-prinsip aktivitas, dan jenis-jenis aktivitas dalam belajar.
Pada bab selanjutnya dalam buku ini
juga membahasa tentang hakikat anak didik sebagai manusia dan juga anak didik
sebagai subjek belajar. Selain itu bab ini juga membahas kebutuhan siswa serta
pengembangan individu dan karakteristik siswa.
Ada pembahasan mengenai kedudukan guru pada bab ketujuh dan pembahasan
mengenai pengelolaan interaksi belajar mengajar dapa bab terakhir.
Buku
Interaksi & Motivaasi Belajar Mengajar dapat dijadikan sebagai refrensi
bagi mahasiswa. Juga buku ini sangat menarik untuk dibaca, buku ini juga
dilengkapi dengan bagan, tabel, dan gambar yang dapat emudahkan pemahaman dagi
pembacanya.
Buku
ini masih bersifat global dan mengungkapkan masalah-masalah konseptual,
sehingga operasioanalisasinya harus dikembangkan melalui kesempatan tatap muka.
Oleh sebab itu buku ini masih jauh dari memuaskan, karena buku ini disusun di
tengah-tengah pengkajian melalui berbagai pengalaman kuliah serta berbagai buku
bacaan.
Demikian
resensi buku Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar ini dibuat. Semoga
membantu.
Terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar